Latee Putra – Senin (17/8), Pondok pesantren Annuqayah Latee gelar peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 dengan ziarah maqbaroh (red: makam) para syuhada, khususnya KH. Abdullah Sajjad. Beliau gugur pada masa agresi militer Belanda. Acara tersebut merupakan acara tahunan yang dijadikan titik balik para santri mengengingat kembali perjuangan ulama dalam mempertahankan kemerdekaan.

Namun, ada sedikit perbedaan acara tahun ini dengan biasanya. Pasalnya, merebaknya virus covid-19 mengharuskan seluruh masyarakat di setiap lini menerapkan gaya hidup baru. Oleh karena itu, semua santri yang mengikuti acara tersebut diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, utamanya memakai masker. Kendati demikian tidaklah mengurangi khidmat santri mengikuti acara tersebut.

Tak hanya itu, acara tersebut juga dikawal oleh Banser dan beberapa anggota pencak silat yang ada di Latee, yakni perwakilan Pagar Nusa, Cipta Sejati, serta Perisai Putih. Mereka bertugas mengatur barisan, menjaga keamanan, dan mengkondisikan santri. Dengan kata lain, mereka mengawasi santri sejak dari pondok hingga ke maqbarah.

“Tidak ada alasan bagi kami untuk tidak turun lapangan mengawasi dan menertibkan acara ini. Karena ini adalah sebuah kewajiban bagi kami. Barangkali juga ini sebagai bentuk rasa syukur kami kepada negara,” tutur Ainul Yaqin, salah seorang dari mereka.

Acara HUT Kemerdekaan RI ke-75 ini dihadiri oleh dewan pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah Latee, KH. A. Hanif Hasan. Beliau membuka acara tersebut dengan wajah bahagia sekaligus mengakhirinya dengan pembacaan doa.

“Kalau kita sudah merdeka, maka kita jangan tinggal diam kala ada hal-hal yang bisa merusak negara. Ini adalah warisan agung yang harus kita jaga,” tegas beliau, saat menyampaikan sejarah perjuangan para kiai meraih dan mempertahankan kemerdekaan.

Hubbul wathan (cinta tanah air) itu bukan hanya dalam bentuk nyanyian, tapi juga harus dalam bentuk gerakan,” lanjut beliau. [cn]

HUT 75 RI: Khidmat Santri Untuk NKRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *