Annuqayah Latee – Madrasah Diniyah Annuqayah Latee (MADAL) kembali melaksanakan kegiatan rutin tiap semester di pengujung tahun 2020 ini. Ujian Akhir Semester (UAS) digelar sebagai program wajib untuk mengetahui dan mengukur kemampuan murid madarasah diniyah dalam ilmu kediniyahan. Sebagai salah satu prioritas yang telah dijaga dari generasi ke generasi, MADAL terus melakukan pembenahan dalam manajemen yang digunakan, salah satunya tentang UAS yang memiliki persyaratan ketat dan itu bertujuan sebagai bentuk pendidikan keagamaan di PPA. Latee.

Sebanyak 1107 murid madrasah diniyah yang mengikuti kegiatan tersebut. Mulai dari tingkat Isti’dadi sampai tingkat Ibtidai dengan dibagi pada 39 ruang kelas ujian. Ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya menggunakan ruang kelas sebanyak 37 saja. “dikarenakan ada penambahan kelas untuk kelas II Ibtidai yang pada tahun sebelumnya hanya sampai kelas II C, namaun pada tahun ini sampai pada kelas II D, ini karena bertambahnya murid madrasah diniyah di PPA. Latee.” Sebagaimana dijelaskan oleh Ustaz Nailur Rahman sebagai kepala MADAL PPA. Latee.

UAS MADAL PPA. Latee ini berlangsung selama 3 malam. Dimulai sejak malam Selasa tanggal 9 Rab’ul Akhir 1442 H. sampai dengan malam Kamis tanggal 11 Rabi’ul Akhir 1442 H. “sebenarnya, secara umum kegiatan ini tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yakni dilaksanakan selama 3 malam dengan 5 materi dalam satu minggu.” Ucapnya.

Dia menambahkan bahwa ada sebagian ujian yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, seperti di materi takhassus untuk kelas IV ibtidai sampai kelas VI ibtidai yang semula menggunakan tes Safawi, pada saat ini berubah pada tes Tahriri. Dikarenakan berbagai pertimbangan di internal pengurus madrasah diniyah, maka disepakati untuk menggunakan metode tersebut pada semester pertama tahun ini.

Dalam perubahan metode tersebut, sambungnya, tetap mempertimbangkan aspek kemampuan murid madrasah diniyah. Dimana, seluruh metode yang digunakan tetap untuk kebaikan dan kemajuan bagi perkembangan kemampuan murid madrasah diniyah dalam ilmu kediniyahan.

Di bagian lain. Terlaksananya kegiatan ini juga sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana, Ujian Akhir Semester ini biasa dilaksanakan berdekatan dengan ujian madrasah formal di satuan pendidikan Pondok Pesantren Annuqayah. Namun, untuk tahun ini sedikit dimajukan karena kuota kegiatan belajar mengajar di MADAL berkurang dan tidak seperti tahun sebelumnya.

“kegiatan ini sedikit dimajukan karena beberapa pertimbangan, salah satunya kuota KBM (Kegiatam Belajar Mengajar) di madrasah diniyah berkurang yang awalnya sampai kurang lebih 10 bulan dalam satu tahun, pada tahun ini diperkirakan hanya 7 bulan saja” ucapnya. Dilaksanakan lebih awal ujian ini, agar di semester kedua juga memilik kuota belajar mengajar yang sama dengan semester pertama.

Dia menjelaskan, disebabkan pandemi yang melanda saat ini, juga berimbas pada madrasah diniyah. Salah satu contohnya adalah seperti yang dijelaskan oleh kepala madrasah diniyah, kegiatan belajar mengajar berkurang dari tahun sebelumnya. Maka pihak madrasah diniyah melakukan beberapa penyesuaian agar kegiatan ini tetap berlangsung sebagaimana yang diharapkan.

Madrasah Diniyah Annuqayah Latee Laksanakan Ujian Akhir Semester Ganjil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *