Latee I – “Literasi dalam kacamata filosofis merupakan sebuah kesadaran akan pengetahuan yang diperoleh dari hasil membaca atau menulis,” demikian tutur Nyai Hani’ah dalam acara Peringatan Hari Literasi Internasional, Selasa (08/09).

Untuk pertama kali, perpustakaan Annuqayah Latee I gelar acara tersebut sekaligus meresmikan program baru, yaitu Angkringan Literasi.

Angkringan Literasi adalah gerakan “Ayo Membaca” berupa pameran buku kecil-kecilan setiap minggu. Para pustakawan akan memajang buku-buku pilihan di beranda perpustakaan guna memudahkan santri mengenali dan membaca, utamanya beberapa buku baru yang sesuai dengan kebutuhan para santri. Program ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pustakawan Latee I untuk memacu minat baca.

Baiturrahmah, ketua perpustakaan Latee I mengatakan bahwa pustakawan Latee I telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan minat baca santri. Mulai dari tata ruang yang indah dan nyaman, hingga kuis yang mengharuskan santri membaca, namun semua itu belum lagi efektif. Kemudian gagasan Angkringan Literasi kali pertama disampaikan oleh Nyai Hani’ah, salah satu pengasuh muda PP. Annuqayah Latee I, sebagai upaya berikutnya.

Sebagai langkah awal, kegiatan tersebut dibuka dan diresmikan bersamaan dengan Peringatan Hari Literasi Internasional. Nyai Hani’ah diundang untuk memberikan motivasi kepada seluruh santri dalam acara ini. Beliau menyampaikan sejarah dicetuskannya Hari Literasi Internasional. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan literasi juga bisa menyentuh sisi rohani, “sebab Islam diturunkan dengan kalimat Iqra’,” demikian tutur beliau.

Angkringan Literasi kemudian diresmikan oleh ketua pengurus, ustazah Lailatul Qomariyah. Ia berharap kegiatan ini menjadi awal untuk terus mengupayakan agar santri gemar membaca dan menulis.

Acara kemudian diakhiri dengan pemberian buku-buku karya Nyai Hani’ah sendiri, sebagai tambahan koleksi perpustakaan. Beliau menyerahkan 5 buah buku kepada ketua pengurus perpustakaan disambut sorak sorai santri yang begitu antusias dengan program baru ini. Pemberian buku menjadi simbol transformasi pengetahuan dari beliau selaku penulis, motivator, dan pengasuh muda PP. Annuqayah Latee 1. Panjang umur literasi! [lm/zh]

Peringati Hari Literasi Internasional, Latee I Resmikan Program Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *